BANGGAI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Banggai, kembali mengutus lima pengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengikuti kegiatan peningkatan kapisitas fasilitastor PAUD di Jakarta pada 2 Juni 2025 yang dikuti 25 Kabupaten/Kota se Indonesia.
Peningkatan kapasitas fasilitator Pendidikan Anak Usia Dini Hilosif Integratif (PAUD HI)Tahap ke- II dibuka Wakil Menteri Pendididkan dasar dan Menengah (Wamendikdasmen) Dr. Fajar Riza ul Haq, MA., adalah program Direktorat PAUD yang memiliki visi untuk memberikan layanan pendidikan anak usia dini berkualitas diantaranya, memiliki kualitas proses pembelajaran yang baik, bermitra dengan orang tua, memiliki tata kekola yang baik, dan memantau serta mendukung terpenuhinya kebutuhan esensial anak.
Kegiatan yang berlangsung di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta Pusat, Senin, (02/06/2025), diikuti Sebanyak 150 peserta itu. Lima diantaranya duta dari Kabupaten Banggai . Lima perwkailan dari Banggai, yakni, Masruhin, S.Ag. SH.,MH (Penilik PNFI), Rusnidari, S.Pd. (Kepala Sekolah TK), Erniati, S.Pd (Kepala Sekolah TK), Yuli Hakim, S.Pd., M.Pd. (Pengurus IGTKI) dan Pelci Saluni, S.Sos (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan).
Peningkatan kapasitas faslitator PAUD HI bertujuan untuk peningkatan dan pemahaman PAUD HI, Keterampilan dalam advokasi program PAUD HI, serta Pendampingan pemenuhan indikator PAUD HI. dengan harapan para fasilitator memahami berbagai program PAUD HI. Fasilitator juga harus memiliki kompetensi yang dibutuhkan dalam pelaksanaan PAUD HI, dan fasilitator dapat mendampingi satuan PAUD dalam pemenuhan indikator PAUD HI.
Wamendikdasmen Dr. Fajar Riza ul Haq, MA., mengatakan pelatihan peningkatan kapasitas fasilitator Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI), berfokus pada pemahaman dan penerapan PAUD HI, serta peningkatan kompetensi fasilitator dalam mengimplementasikan program PAUD HI di satuan PAUD, meliputi pemahaman konsep PAUD HI sebagai pendekatan layanan yang holistik dan integratif, serta prinsip-prinsip yang mendasarinya.
Pelatihan tersebut lanjut Wamen Fajar, akan mengulas indikator- indikator pemenuhan kebutuhan esensial anak usia dini, seperti kependudukan, kesehatan, gizi, pola pengasuhan, perlindungan anak, pendidikan dan stimulasi. Dalam pelatihan tersebut juga, menekankan pada pentingnya membangun kemitraan antara satuan PAUD dan orang tua dalam mendukung perkembangan anak.
Kemdikdasmen sebut Fajar Riza Ul Haq, sebagai salah satu anggota gugus tugas nasional Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif berupaya untuk mendorong daerah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif.
Direktorat PAUD bersama-sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten/Kota juga mendorong Satuan PAUD agar dapat melaksanakan penguatan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif yang terkoordinasi dengan seluruh unit di daerah yang termasuk dalam gugus tugas, sehingga satuan PAUD tersebut dapat memastikan pemenuhan layanan esensial pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan, dan kesejahteraan.
Program Penyelenggaraan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik integratif dimaksudkan untuk mendorong Pemerintah Kabupaten/Kota yang memiliki komitmen tinggi terhadap layanan Pengembangan anak usia dini holistik integratif agar semakin meningkatkan layanan menuju PAUD berkualitas melalui berbagai strategi.
Materi-materi, Perkembangan PAUD HI di Indonesia, Percepatan penurunan stunting melalui program PAUD HI, Kebijakan program PAUD HI di Kemdikdasmen, PAUD Berkualitas, Peran Fasil dan mekanisme penguatan kapasitas bagi satuan PAUD, Pendampingan pemenuhan 8 indikator layanan esnsial PAUD HI di satuan PAUD, identifikasi hambatan dan tantangan dalam pemenuhan 8 indikator di satuan PAUD, strategi kolaboratif dan praktik komunikasi efektif melalui berbagi praktek baik, pemantauan pemenuhan 8 indikator layanan esensial PAUD HI di Dapodik, Rencana Tindak Lanjut dan Paparan, Simulasi dan persentase program masing-masing peserta utusan Kabupaten/Kota, dan refleksi kegiatan. (AL)